by

Yamaha Mio GT Jagonya Manuver di Jalanan

Anda sedang mencari motor yang lincah dan handal dalam bermanuver di perkotaan? Mungkin Yamaha Mio GT adalah pilihan yang paling tepat. Dengan ukuran panjang keseluruhan 1850 mm x lebar 700 mm x tinggi 1050 mm dan berat 90 kg motor ini termasuk motor dengan desain minimalis yang membuat pemakaiannya sangat mudah dan nyaman saat dipakai di jalanan kota besar. Ditambah dengan system bahan bakar yang sudah  menggunakan jenis Fuel Injection YM-Jet System dengan perbandingan kompresi 9,3 : 1 membuat pemakaian bahan bakarnya menjadi sangat efisien walaupun kita terjebak dalam kemacetan. Motor ini juga dibekali kapasitas tangki bahan bakar 4.8 liter, cukup besar untuk sebuah motor matic.

Dengan banyaknya kompetitor motor matic di pasaran saat ini, Yamaha Mio GT dengan mesin berkapasitas 113 cc dengan diameter x langkah sebesar 50 mm x 57,9 mm ini mampu menghasilkan tenaga 7,75 PS pada putaran 8500 rpm serta torsi maksimum 8,5 Nm pada 5000 rpm tentunya cukup tangguh untuk digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Yamaha Mio GT

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Yamaha Mio GT ini adalah desainnya yang dibuat sangat sporty, elegan, serta terlihat tangguh. Hal ini disebakan antara lain oleh lampu depan yang berlekuk tajam serta adanya pelindung lumpur tajam di bagian hidung. Ditambah fender samping dengan stiker yang menimbulkan kesan berani dan dilengkapi dengan jok dua warna yang menambah kesan tersebut. Hal juga diperkuat karena tipe rangka yang digunakan adalah tipe pipa baja tulang bawah (Steel Underbone) yang sangat kokoh dan cukup menunjang walaupun motor ini dipakai di jalanan dengan medan yang terjal dan berat sekalipun.

Untuk kelengkapan mesinnya sendiri Yamaha Mio GT menggunakan tipe mesin 4 langkah dengan pengendalian 2 katup sistem SOHC serta telah dilengkapi dengan pendingin kipas. Sistem starter dibuat 2 pilihan yaitu dengan starter elektrik dengan cukup menekan satu tombol dan kick starter untuk menghidupkan mesin secara manual. Tipe kopling yang digunakan adalah kopling kering dengan sentrifugal otomatis serta transmisi V-belt otomatis model CVT.

Sedangkan untuk sistem kelistrikannya sendiri memakai busi merk U22FSR-U (DENSO), baterai dengan tipe MF Battery dan sistem pengapian menggunakan merk TCI. Untuk suspensi yang dipakai adalah tipe suspensi depan teleskopik dan jenis suspensi tunggal (unit swing) untuk suspensi belakangnya. Untuk masalah kaki-kakinya Yamaha Mio GT memakai ban dengan ukuran yang cukup besar yaitu 70/90-14M/C 34P untuk roda depan dan 80/90-14M/C 40P untuk roda belakangnya, hal ini tentu akan memperkuat daya cengkramnya dengan jalan. Pelek racing yang digunakan dan strip warna pada roda juga menambah elok tampilan motor ini.  Adapun untuk sistem pengereman rem motor ini dibekali dengan rem tipe cakram untuk roda depan dan tromol untuk roda belakang yang membuat pengereman lebih tajam dan pakem.

Yamaha Mio GT pertama kali diluncurkan tahun 2013 dan masih terus diproduksi seri terbarunya sampai saat ini. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selaku produsen menyediakan 3 warna untuk dipasarkan yaitu seri Progressive Red, Electro White, dan Trance Blue, serta ada seri MotoGP dengan desain spesial. Seperti produk-produk Yamaha lainnya Yamaha Mio GT ini menjajikan kenyamanan berkendara serta iritnya bahan bakar ditambah dengan desain dan tampilan yang ciamik dengan lajunya yang gesit tentu saja bisa kita gunakan untuk pertimbangan kita jika ingin memilih kendaraan yang pas untuk menjejalahi jalanan perkotaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *