by

Tips Sehat dan Mudah Didapat Sehat untuk Makanan Ibu Menyusui

Makanan Ibu Menyusui – Saat Bunda sedang dalam fase menyusui setelah melahirkan maka Bunda harus memperhatikan asupan makanan yang Bunda konsumsi. Karena apa yang Bunda konsumsi sangat berpengaruh pada nutrisi yang didapatkan oleh bayi Bunda. Bunda tentunya ingin agar bayi Bunda bisa lebih sehat dan tumbuh dengan cerdas bukan? Oleh karena itu Bunda harus pikirkan makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, terdapat beberapa makanan sehat untuk menyusui yang mudah ditemukan, sehingga Bunda tidak perlu khawatir. Makanan tentunya juga memberikan pengaruh terhadap kualitas ASI yang bagus dan banyak, sehingga bayi tidak akan kekurangan ASI. Sebab jika bayi kekurangan ASI maka akan memberikan efek buruk, apalagi setiap bayi yang berumur 6 bulan ke bawah sangat dianjurkan dalam mengkonsumsi ASI.

Mencari makanan sehat untuk ibu menyusui sebenarnya tidaklah sulit, sebab makanan ini dapat dengan mudah untuk Bunda temui di pasar, tukang sayur keliling, super market, dll. Dimana berbagai macam harga ditawarkan, namun jangan lupa untuk membeli makanan ini dalam bentuk yang masih segar. Sehingga kandungan nutrisi dan gizinya belum rusak. Berikut ini makanan sehat dan mudah didapat untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui. Simak ya Bun!

1. Gandum Utuh dan Beras Merah

Kebutuhan karbohidrat yang bisa didapat dari nasi dan roti tentu saja wajib dipenuhi. Agar tidak selalu karbohidrat saja yang dikonsumsi, sesekali gantilah menu ini dengan gandum utuh yang lebih kaya serat. Gandum utuh juga ternyata kaya akan asam folat sehingga memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan bayi . Selain gandum, nasi merah juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi.

2. Buah dan Sayuran

makanan ibu menyusui

Buat prioritas untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, terutama buah dan sayur yang berwarna merah, hijau tua, dan ungu (bit, kale, paprika, pepaya, anggur) karena kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Buah dan sayuran memiliki aneka mikronutrisi yang berperan penting dalam perkembangan ibu dan anak. Serat yang dimiliki buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui. Efek setelah melahirkan yaitu konstipasi melahirkan bisa diatasi dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup. Selain itu, pastikanlah buah dan sayuran yang Anda konsumsi bebas dari pestisida.

3. Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu merupakan bagian penting dari menyusui yang sehat. Untuk ibu menyusui penting sekali mengkonsumsi susu rendah lemak, sebab sangat kaya akan protein, vitamin B, dan vitamin D. Baik yoghurt, susu, keju, dan produk susu rendak lemak lainnya merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang dapat membantu pertumbuhan tulang pada bayi Anda. Saat ibu menyusui bayi, kandungan kalsium pada ibu menjadi berkurang sehingga sangat wajar jika ibu menyusui sering mengeluh sakit tulang. Sebab hal ini kalsium pada tubuh menjadi menipis, sehingga sangat bagus jika dikonsumis setiap hari sebanyak 3 cangkir.  Sehingga bayi dan juga ibu keduanya akan sehat.

4. Daging Sapi

Nafsu makan ibu yang besar saat sedang menyusui sebaiknya dimanfaatkan untuk mengkonsumsi makanan ibu menyusui agar bayi cerdas sehingga dengan demikian ASI yang dihasilkan oleh ibu menjadi lebih baik nutrisinya. Daging sapi adalah salah satu makanan yang sangat baik Anda konsumsi saat sedang menyusui, karena mengandung protein dan tingginya zat besi dan pada daging sapi membuat bahan ini termasuk dalam makanan sehat untuk ibu menyusui. Zat besi adalah kandungan yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui, sebab selama hamil banyak ibu hamil yang mengalami pengurangan zat besi dalam jumlah banyak, sehingga ibu sangat beresiko besar terkena anemia sehingga mudah lelah dan stress. Jika dibiarkan maka produksi ASI ibu akan menurun dan memberikan dampak kepada bayi dimana tidak cukup mendapatkan ASI. Karena itu sangat baik jika mengkonsumsi 100 gram daging sapi untuk memperbaiki zat besi pada tubuh, namun konsumsilah daging yang tidak mengandung lemak. Sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Untuk itu, seorang Dokter pernah mengatakan bahwa ibu menyusui harus mengatur pola makannya dan jangan lupa untuk rutin beraktivitas fisik.  Meskipun, sekali lagi kita tetap harus memprioritaskan kebutuhan anak ya. Jangan sampai demi menjaga tubuh tetap langsing lantas Bunda diet tapi nyatanya produksi ASI justru berkurang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed